sewa ambulance

Latest News

Seseorang Yang Lebih Tua, Kemampuan Imajinasinya Akan Semakin Berkurang

Fantasi atau imajinasi sering dilakukan oleh anak-anak, terutama ketika mereka membayangkan apa yang mereka inginkan ketika mereka dewasa. Namun, seiring bertambahnya usia, apakah kekuatan imajinasi akan tetap sama atau akan berkurang, terutama ketika Anda sudah tua?

Kemampuan imajinasi berkurang saat tua

Hampir setiap anak dan remaja yang masih bisa membayangkan apa yang diinginkannya di masa depan dengan mudah. Mulai dari astronot, dokter, hingga pahlawan super sering membayangkan terjadi dalam hidup mereka.

Meski begitu, delusi masa depan tidak dapat dinikmati oleh orang dewasa seperti yang mereka lakukan di masa kecil. Menurut penelitian dari Universitas Harvard, kemampuan imajinasi seseorang akan berkurang ketika dia tua.

Dalam penelitian itu, dijelaskan bahwa ingatan episodik yang mewakili ingatan manusia tentang masa lalu memungkinkan seseorang untuk berharap di masa lalu dan masa depan. Ini dilakukan dalam periode waktu subyektif.

Jika Anda ingin membayangkan masa depan, manusia perlu mengingat pengalaman dari masa lalu secara detail. Kemudian, kenangan masa lalu dipersatukan kembali dengan imajinasi dan proses ini dikenal sebagai simulasi konstruktif-episodik.

makanan untuk memori

Penelitian yang dipimpin oleh psikolog Harvard, menggunakan wawancara dengan peserta muda dan mereka yang berusia 25-72 tahun. Mereka diminta untuk berbagi pengalaman pribadi di masa lalu dan masa depan setelah melihat tanda kata.

Kategori cerita pengalaman kemudian dibagi menjadi dua ingatan, internal dan eksternal. Ingatan internal hampir mirip dengan adegan film, dalam hal ada subjek dan berlangsung selama periode tertentu.

Sementara itu, ingatan eksternal sebagian melibatkan fakta umum tentang dunia, seperti langit biru atau air laut yang asin. Akibatnya, imajinasi tampaknya berkurang ketika seseorang sudah tua.

Peserta yang lebih tua menceritakan pengalaman masa lalu mereka dengan kurang detail dibandingkan orang dewasa yang lebih muda. Ini juga berlaku ketika mereka mencoba menjelaskan imajinasi di masa depan.

Bukan karena kesulitan berbicara, tapi …

undang orang tua untuk pindah

Sebenarnya, sejauh ini belum ada penelitian mengapa ketika seseorang memasuki usia yang lebih tua, imajinasi mereka akan berkurang.

Ketika peserta yang lebih muda diminta untuk membayangkan pengalaman pribadi yang terkait dengan mesin kata, mereka lebih mudah untuk memikirkan hal-hal yang mereka sukai. Ada seorang peserta yang membayangkan dirinya mengendarai mobil di sepanjang pantai pada akhir pekan.

Sementara respons dari peserta yang lebih tua terhadap kata yang sama adalah mengemudi di mobil yang sama tanpa harus khawatir dengan biaya gas yang mahal.

Kondisi ini tidak terjadi karena peserta yang lebih tua merasa sulit untuk berbicara atau tidak cukup banyak bicara. Mereka benar-benar mendapatkan skor yang cukup tinggi pada tes verbal dan dapat berbicara banyak tentang ingatan eksternal secara umum.

cara menajamkan ingatan

Akhirnya, para peneliti mencoba menarik kesimpulan bahwa ingatan pribadi rentan terhadap penuaan. Ini karena ketika otak mencoba mengingat pengalaman pribadi, itu tergantung pada proses hubungan.

Proses relasional di otak adalah kemampuan untuk memohon memori mental melalui dan menggabungkannya dengan potongan-potongan informasi yang dianggap unik. Mulai dari kapan dan di mana peristiwa itu terjadi.

Tidak dapat dipungkiri bahwa fungsi otak akan berkurang seiring bertambahnya usia. Akibatnya, mencoba menggabungkan potongan adegan tentu akan lebih sulit.

Oleh karena itu, mereka yang lebih tua lebih sulit untuk menggabungkan hal-hal yang belum terjadi dalam hidup mereka dengan fakta-fakta yang ada saat berimajinasi.

Menjaga kesehatan otak adalah cara terbaik

Meskipun kemampuan imajinasi menurun dengan bertambahnya usia, itu tidak berarti Anda tidak perlu menjaga kesehatan otak. Menjaga kesehatan otak sangat penting karena otak adalah tempat untuk berpikir, belajar, dan mengingat sesuatu dengan jelas.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan otak agar tetap berfungsi dengan baik.

  • Latihan rutin
  • diet sehat
  • menjaga tekanan darah, kadar gula, dan kolesterol tetap stabil
  • hindari rokok
  • jangan minum alkohol berlebihan
  • melindungi kepala dari cedera
  • menjaga kesehatan mental

Imajinasi Anda mungkin berkurang seiring bertambahnya usia. Namun, menjaga kesehatan kognitif juga penting sejak awal agar tidak berisiko mengalami gangguan kognitif seiring bertambahnya usia.

Posting Seseorang Yang Lebih Tua, Kemampuan Imajinasi Nya Akan Kurang Merah pertama kali muncul Halo sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top